LAPORAN KUNJUNGAN EKSPOR IMPOR
PT.TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA

YULIANA MAULIDYA
(01218085)
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PRODI MANAJEMEN
UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA
A.
Agenda
Pelaksanaan
Hari/Tanggal : Rabu, 27 Juni 2019
Waktu Pelaksanaan : Pukul 10.00
WIB
Jumlah Peserta : 48 Orang
Dosen Pendamping : Hj. I.G.A. Aju Nitya Dharmani S.T.,
S.E., M.M
Alamat Tujuan : PT. Terminal Petikemas Surabaya
Jl. Tj. Mutiara No.1, Perak Bar.,
Kec. Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur
60177
Agenda : Cerita profil
perusahaan, , berkeliling terminal.
B.
Profil
Perusahaan
Nama Perusahaan : PT. TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA
Bidang :
Jasa Ekspor Impor
Didirikan :
1992
Slogan :
Istimewa Disetiap Suasana
C.
Sejarah
Perusahaan
Sejarah Singkat PT. Terminal Petikemas Surabaya PT
Terminal Petikemas Surabaya (TPS) adalah perusahaan yang bergerak di bidang
penyediaan fasilitas terminal petikemas untuk perdagangan domestik maupun
internasional bagi pelaku usaha di wilayah Indonesia Timur. PT. TPS juga
menyediakan jasa transportasi pengiriman barang secara efisien dan tepat waktu.
Saat ini TPS mengantongi ISO 9001 (standar mutu), ISO (standar lingkungan),
OHSAS (standar keselamatan dan kesehatan kerja), dan ISPS Code (standar
keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan). TPS juga merupakan satusatunya
terminal di Indonesia dan satu-satunya operator terminal di Indonesia yang
memiliki sertifikat C-TPAT dan ISO 28000:2007 (sistem manajemen keamanan untuk
rantai pasok). 2.2 Visi, Misi dan Motto PT. Terminal Petikemas Surabaya PT.
Terminal Petikemas Surabaya memiliki visi dan misi, adapun visi dan misi PT.
Terminal Petikemas Surabaya sebagai berikut : a. Visi PT Terminal Petikemas
Surabaya, sebagai sebuah terminal berstandar kelas dunia di Indonesia,
berkomitmen untuk mempertahankan posisi TPS yang unik dan menonjol yaitu
sebagai Pintu Gerbang ke Kawasan Indonesia Bagian Timur, untuk memastikan bahwa
perusahaan mampu menyediakan layanan bermutu yang dibutuhkan untuk mendukung
pertumbuhan ekonomi Indonesia dan untuk menyediakan layanan terbaik bagi para
pelanggan. Dengan motto perusahaan yaitu Reliable Terminal with Service
Excellence (Terminal Terpercaya dengan Layanan Sempurna), kepuasan pelanggan
menjadi prioritas utama TPS. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan
berupaya untuk : 1. Menyediakan dan memastikan bahwa layanan yang diberikan
kepada para pelanggan, yaitu memuat dan membongkar petikemas tepat waktu dan
terjadwal. 2. Menyediakan layanan ekstra kepada para pelanggan apabila
petikemas mereka membutuhkan tempat lebih banyak atau peralatan tambahan
lainnya, seperti reefer plug, yang digunakan untuk mempertahankan suhu dingin
petikemas. 3. Menyediakan fasilitas tambahan lain, pada saat pembongkaran atau
pemuatan petikemas, seperti penyediaan air bersih atau bahan bakar. 4.
Mengutamakan kepuasan para pelanggan dengan menyediakan layanan bagi mereka
dengan sepenuh hati. b. Misi Misi PT Terminal Petikemas Surabaya adalah menjadi
suatu perusahaan yang terus maju, tanggap, dapat dipercaya, yang menyediakan
fasilitas terminal petikemas yang dapat memenuhi semua permintaan baik untuk
perdagangan domestik maupun internasional bagi seluruh masyarakat perdagangan
di kawasan Indonesia bagian timur. 5. Berupaya
menggalang dukungan dari masyarakat luas dalam menjalankan perannya sebagai
perusahaan milik masyarakat. c. Motto Reliable Terminal with Service
Excellence, Sebagai sebuah terminal petikemas yang berhubungan dengan pembeli
baik dalam atau luar negeri, maka perusahaan harus menjadi yang dapat diandalkan
dan terpercaya. Oleh karena itu, untuk menjadi terminal petikemas yang dapat
diandalkan, perusahaan harus didukung oleh layanan yang sempurna.
D.
Visi
dan Misi
Visi
Menjadikan
PT. Terminal petikemas sebagai salah satu terminal ekspor impor yang terbaik
dan terbesar di Indonesia. Dengan senantiasa mengutamakan kepuasan para
pelanggan, menjunjung tinggi komitmen kepercayaan para pemegang saham, dan para
karyawan. Serta memegang teguh prinsip usaha yang bersahabat dengan lingkungan.
Menjadi
pelaku penyedia jasa pelabuhan yang prima, berkomitmen memacu integrasi
logistik nasional.
Misi
-Menjamin penyediaan
jasa pelayanan prima melampaui standar yang berlaku secara konsisten.
-Memacu kesinambungan
daya saing industri nasional melalui biaya logistik yang kompetitif.
-Memenuhi harapan
semua stakeholders melalui prinsip kesetaraan dan tata kelola perusahaan (GCG)
yang baik.
-Menjadikan SDM yang
kompeten, berkinerja handal dan berpekerti luhur.
-Mendukung perolehan
devisa negara dengan memperlancar arus perdagangan.
E.
Tujuan
Kunjungan
Adapun tujuan
kunjungan ke PT. Terminal Petikemas Surabaya antara lain sebagai berikut :
1.
Mengetahui Pelayanan yang diterapakan oleh PT.
Terminal Petikemas Surabaya sehingga bisa mendapatkan penghargaan-penghargaan
di Bidang Pelayanan Publik .
2.
Menambah wawasan mahasiswa tentang Manajemen Pelayanan
dan ekspor impor
F. Hasil
Kunjungan
Tutor dari PT.PELINDO
menjelaskan berbagai macam barang, tempat dan alat yang terdapat disana seperti
kegiatan bongkar muat peti kemas, berbagai jenis container, dan alat- alat yang
digunakan untuk menunjang kegiatan di PT.PELINDO tersebut. Kami juga dibawa
mengelilingi container yard atau lapangan penumpukkan container hingga ke
dermaga.
Kegiatan
bongkar muat peti kemas meliputi, stevedoring, cargodoring dan
receiveing/delivery. Dimana Stevedoring adalah pekerjaan membongkar
barang dari kapal ke dermaga/ tongkang/ truk atau memuat barang dari dermaga/
tongkang/ truk ke dalam kapal sampai dengan tersusun dalam palka kapal dengan
menggunakan derek kapal atau derek darat. Sedangkan Cargodoring adalah
pekerjaan melepaskan barang dari tali/ jala-jala ( tackle) di dermaga dan
mengangkut dari dermaga ke gudang/ lapangan penumpukan barang atau sebaliknya.
Dan Receiving/delivery adalah pekerjaan memindahkan barang dari timbunan/tempat
penumpukan di gudang/ lapangan penumpukan dan menyerahkan sampai tersusun di
atas kendaraan di pintu gudang/ lapangan penumpukan atau sebaliknya.
G.
Corporate
Social Responsilbility
Sebagai
salah satu perusahaan jasa ekspor impor terbesar yang ada di Indonesia, PT. Terminal
Petikemas surabaya memiliki program CSR sebagai bentuk kepedulian dan bakti
terhadap masyarakat sekitar. Ada 3 bidang CSR yang diterapkan yaitu :
Bidang Sosial:
- Pembangunan atau
perbaikan infrasturktur di daerah-daerah terpencil (Jembatan Penghubung
antar desa dan Fasilitas Umum).
- Pembangunan dan
perbaikan tempat-tempat ibadah.
- Perbaikan jalan,
perbaikan dan pembersihan saluran air, kebersihan lingkungan dengan
memberikan tempat dan gerobak sampah.
- Kegiatan sosial
seperti pelayanan kesehatan gratis, Service motor gratis, dan bantuan
biaya operasi untuk penderita kelainan bawaan.
- Pemberantasan
kemiskinan pada bidang perumahan adalah salah satu target diantara target
lain yang bertujuan untuk pembangunan berkelanjutan seperti Perbaikan
rumah tidak layak huni kepada masyarakat yang kurang mampu.
Bidang Pendidikan:
- Pengembangan, dan
perbaikan fasilitas gedung SD, SMP, SMA. Dimana proyek-proyek tersebut, PT
TPS telah melaksanakan dan mengawasi proses pekerjaannya kemudian
menyerahkan bangunan tersebut kepada pihak sekolah yang bersangkutan.
- Bantuan fasilitas
prasarana sekolah dan pengembangan kurikulum.
- Memberikan
beasiswa kepada siswa SMA dan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di
Surabaya dan sekitarnya yang berasal dari keluarga yang tidak mampu.
- Partisipasi dalam
kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan dan kemampuan bakat siswa yang
diselenggarakan oleh para pelajar dan mahasiswa.
Bidang Pengembangan Daerah:
Bantuan pengembangan program pelatihan
dan pengetahuan anggota asosiasi di pelabuhan yang bertujuan untuk meningkatkan
profesionalisme dan produktivitas yang mengarah kepada kegiatan operasional
yang lebih baik. Membangun semangat kewirausahaan bagi masyarakat sosial
ekonomi rendah dan mendorong mereka untuk memiliki kemauan untuk belajar dan
meningkatkan keterampilan dalam bentuk pengembangan kewirausahaan mandiri,
melaksanakan kerja sama dengan pemerintah kota.
Merubah kampung kumuh menjadi kampung
yang produktif, yang bertujuan untuk menciptakan menguatnya kesehatan,
pendidikan, dan ekonomi masyarakat setempat sehingga kualitas kehidupan
meningkat.
H.
Analisis
Bongkar Muat
ANALISA KEGIATAN BONGKAR MUAT PADA PT. TERMINAL
PETIKEMAS SURABAYA UNTUK MEMPERCEPAT . PT. Terminal Petikemas Surabaya
merupakan perusahaan handling petikemas terbesar yang ada di pulau Jawa yang
selalu memperhatikan kepuasan pengguna jasa yaitu yang berhubungan dengan
pelayanan penanganan petikemas yang murah, cepat, dan tepat waktu. Dengan
peningkatan produktivitas diharapkan PT. Terminal Petikemas Surabaya dapat
menjadi perusahaan yang maju, tanggap, dapat dipercaya yang menyediakan
fasilitas terminal petikemas yang dapat memenuhi semua permintaan baik untuk
perdagangan domestik maupun internasional. Dalam penelitian ini dilakukan
pengukuran tingkat produktivitas container crane dan rubber tyred gantry (RTG)
untuk mengetahui apakah cara yang ditempuh selama ini berjalan efisien atau
tidak. Kemudian dilakukan perhitungan waktu standart operator container crane
dalam menyelesaikan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa proses
yang dapat meningkatkan kecepatan pelayanan bongkar muat dan memberikan
rekomendasi perbaikan. Metode yang digunakan adalah analisa produktivitas dan
perhitungan waktu standart. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah
perencanaan yang akurat, penggunaan mesin dengan optimal serta penggunaan
working time secara efektif sehingga meningkatkan produktivitas bongkar
muat.
I. Kesimpulan dan Saran
A. KESIMPULAN
Kunjungan
Lapangan ke PT.Terminal Petikemas Surabaya yang terkait dengan ekspor impor
yang dapat saya simpulkan bahwa kegiatan ekspor impor pada PT. Terminal
petikemas ini melayani pengguna jasa dalam negeri maupun dalam negeri yang
sangat baik dan pengoprasian yang sudah sangat prsedur menjadikan pelayanan
pada publik juga sangat baik . Lalu PT. Terminal Petikemas ini adalah Anak
perusahaan dari PT. Pelindo III yang juga terkenal di indonesia .
B.
SARAN
Kunjung Lapangan ini sangat penting dilakukan sehingga mahasiswa bisa
langsung melihat proses Ekspor Impor di samping teori yang di sampaikan di
kelas, tetapi dalam hal kunjung ke PT. Terminal Petikemas ini masih banyak
kekurang, karena jadwal kegiatan tidak bisa dilaksanakan secara maksimal, untuk
itu kunjungan yang akan dilaksanakan selanjutnya bisa terlebih dahulu melakukan
pra survey sehingga kunjungan bisa dilaksanakan secara maksimal.
Sumber link : https://www.tps.co.id/id-id/program-pengembangan-masyarakat/kategori
https://docplayer.info/47063997-Bab-ii-gambaran-umum-pt-terminal-petikemas-surabaya-2-1-sejarah-singkat-pt-terminal-petikemas-surabaya.html
Sumber lain : Majalah Terminal Petikemas surabaya
Sumber link : https://www.tps.co.id/id-id/program-pengembangan-masyarakat/kategori
https://docplayer.info/47063997-Bab-ii-gambaran-umum-pt-terminal-petikemas-surabaya-2-1-sejarah-singkat-pt-terminal-petikemas-surabaya.html
Sumber lain : Majalah Terminal Petikemas surabaya
NIM : 01218085
Dosen : Hj. I.G. A. Aju Nitya Dharmani, SST, SE, MM
Whatsapp : +6285314902424
Blog dosen : https://ayuraimanagement.blogspot.com/
Blog pribadi : https://yulianailidya.blogspot.com/
Blog Universitas : https://narotama.ac.id/
#BANGGANAORATA#NAROTAMAJAYA#THINKSMART#PEBISNISMUDAINDONESIA#NAROTAMAMENDUNIA#MISSMANAGEMENT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar