Yuliana maulidya (01218085)
Manajemen A-01
Fakultas ekonomi dan bisnis
Universitas Narotama
MANAJEMEN DAN MANAJER
Manajer
adalah orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya sumber
daya organisasi lainnya .
Manajemen
adalah proses perencanaan , pengkoordinasian dan pengontrolan sumber daya untuk
mencapai tujuan secara efektif efisien
Tugas – tugas Manajer :
1. Manajer bekerja dengan dan melalui
orang lain. Istilah “orang” mencakup tidak hanya para bawahan dan atasan,
tetapi juga manajer – manajer lainnya dalam organisasi.
2. Manajer memadukan dan menyeimbangkan
tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas.
3. Manajer bertanggung jawab dan
mempertanggung jawabkan.
4. Manajer harus berpikir secara
analitis dan konsepsual.
5. Manajer adalah seorang mediator.
6. Manajer adalah seorang politisi.
7. Manajer adalah seorang diplomat.
8. Manajer mengambil keputusan-keputusan
sulit.
Tingkatan Manajer :
1. Manajer lini – pertama. Tingkatan
paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga –
tenaga operasional, disebut manajer lini/garis – pertama (first – line
ataufirst – level). Para manajer ini sering disebut dengan kepala atau pimpinan
(leader), mandor (foremen), dan penyelia (supervisor)
2. Manajer menengah. Manajemen menengah
dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi.
3. Manajer puncak. Klasifikasi manajer
tertinggi ini terdiri dari kelompok kecil eksekutif. Manajer puncak bertanggung
jawab atas keseluruhan manajemen organisasi. Sebutan khas bagi manajer puncak
adalah direktur, presiden, kepala divisi, wakil presiden, senior dan sebagainya
Manajemen
dapat berarti pencapaian tujuan melalui pelaksanaan fungsi - fungsi tertentu, tetapi dalam hal ini belum
ada persamaan pendapat dari para ahli manajemen tentang apa fungsi – fungsi itu
Fungsi Manajemen
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Penyusunan Personalia
4. Pengarahan
5. Pengawasan
Perencanaan
Perencanaan adalah pemilihan atau
penetapan tujuan – tujuan organisasi dan penentuan strategi , kebijaksanaan,
proyek, program, prosedur, metoda, sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan
untuk mencapai tujuan.
Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah penentuan
sumber daya – sumber daya dan kegiatan – kegiatan yang dibutuhkan untuk
mencapai tujuan organisasi.
Penyusunan Personalia
Penyusunan Personalia adalah
penarikan (recruitment), latihan dan pengembangan, serta penempatan dan
pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkunga kerja yang menguntungkan dan
produktif.
Pengarahan
Pengarahan secara sederhana adalah
untuk membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yang diinginkan, dan
harus mereka lakukan.
Pengawasan
Pengawasan adalah penemuan dan
penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan
sesuai dengan yang telah ditetapkan.
Yuliana maulidya
Manajemen A-01
Fakultas ekonomi dan bisnis
Universitas Narotama
Created by :
Yuliana maulidya
Manajemen A-01
Fakultas ekonomi dan bisnis
Universitas Narotama
Created by :
Created by:
http://luckyrhmn.blogspot.com/
https://leoopengamen.blogspot.com
http://fernandadhanny.blogspot.com/
http://ariefahzafah.blogspot.com/
http://razzaqfadi007.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar